Apa Access?
Access 2010 adalah aplikasi database desain dan alat
penyebaran yang dapat Anda gunakan untuk melacak informasi
penting. Anda dapat menyimpan data Anda di komputer Anda, atau Anda dapat
mempublikasikan ke Web - orang lain sehingga dapat menggunakan database dengan
web browser.
Banyak orang mulai menggunakan Access ketika program yang mereka gunakan
untuk melacak sesuatu secara bertahap menjadi kurang fit untuk tugas
tersebut.Misalnya, Anda adalah seorang perencana acara, dan Anda ingin melacak
semua rincian yang perlu Anda mengatur untuk membuat acara Anda
sukses. Jika Anda menggunakan pengolah kata atau program spreadsheet untuk
melakukan ini, Anda dapat dengan mudah mengalami masalah dengan data ganda dan
tidak konsisten. Anda dapat menggunakan software kalender, tetapi
pelacakan informasi keuangan dalam kalender tidak cocok.
Kadang-kadang Anda perlu database relasional untuk melacak informasi
tersebut - sebuah gudang data yang telah dipisahkan ke dalam koleksi data yang
lebih kecil (disebut tabel) untuk menghilangkan redundansi, dan kemudian
dikaitkan bersama-sama berdasarkan bit umum informasi (disebut
bidang). Sebagai contoh, sebuah perencanaan acara database relasional
mungkin berisi tabel dengan informasi pelanggan, tabel dengan informasi vendor,
dan meja dengan informasi acara. Tabel dengan informasi acara mungkin
memiliki lapangan untuk menghubungkannya dengan tabel pelanggan, dan bidang
menghubungkannya dengan tabel vendor. Dengan begitu, misalnya, jika nomor
telepon vendor berubah, informasi dapat diubah setelah pada tabel vendor, bukan
di setiap peristiwa yang melibatkan vendor.
Akses adalah alat yang dapat Anda gunakan dengan cepat dan mudah
mengembangkan aplikasi database relasional yang membantu Anda mengelola
informasi. Anda dapat membuat database untuk membantu Anda melacak hampir
semua jenis informasi, seperti persediaan, kontak profesional, atau proses
bisnis. Bahkan, akses dilengkapi dengan template yang dapat Anda gunakan
langsung untuk melacak berbagai informasi, membuat hal-hal mudah bahkan untuk
pemula.
Ketika Anda mulai Access 2010, Anda melihat Microsoft Office Backstage
melihat, di mana Anda bisa mendapatkan informasi tentang database saat ini,
membuat database baru, buka database yang sudah ada, dan melihat konten yang
ditampilkan dari Office.com.
Backstage melihat juga berisi perintah-perintah lain yang dapat Anda
gunakan untuk mengatur, memelihara, atau berbagi database Anda. Perintah
di Backstage melihat biasanya berlaku untuk seluruh database, bukan ke objek
dalam database.
CATATAN Anda bisa
mendapatkan untuk Backstage melihat setiap saat dengan mengklik tab File.
Access menyediakan Anda dengan berbagai macam template yang dapat Anda
gunakan untuk mempercepat proses database kreasi Anda. Template adalah
database siap digunakan yang berisi semua tabel, query, form, dan laporan yang
diperlukan untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh, ada banyak
template yang dapat digunakan untuk melacak masalah, mengelola kontak, atau
mencatat biaya. Beberapa template berisi catatan beberapa sampel untuk
membantu menunjukkan penggunaannya. database Template dapat digunakan begitu
saja, atau anda dapat menyesuaikan mereka agar lebih sesuai kebutuhan Anda.
Untuk menemukan dan menerapkan sebuah template ke database Anda, lakukan
hal berikut:
1. Pada tab File, klik Baru.
2. Di bawah Template
tersedia, lakukan salah satu berikut:
· Untuk menggunakan
kembali template yang Anda baru saja digunakan, klik Template terbaru, kemudian
pilih template yang Anda inginkan.
· Untuk menggunakan
template yang sudah Anda telah menginstal, klik Template Saya, kemudian
pilih template yang Anda inginkan.
· Untuk mencari
template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik
sebuah kategori template, pilih template yang Anda inginkan, kemudian
klik Download untuk mendownload template dari Kantor. Com ke
komputer Anda.
CATATAN Anda juga
dapat mencari template pada Office.com dari dalam Access.Dalam Office.com kotak Cari
template, ketik satu atau beberapa istilah pencarian, kemudian klik
tombol panah untuk pencarian.
3. Opsional, klik ikon
folder di sebelah kotak File Name untuk menelusuri ke lokasi
di mana Anda ingin membuat database. Jika Anda tidak menunjukkan lokasi
tertentu, akses menciptakan database di lokasi default yang ditampilkan di
bawah kotak File Name.
4. Klik Create.
Akses menciptakan database dan membukanya untuk digunakan.
CATATAN Jika Anda
ingin informasi menyeluruh mengenai pengantar ke konsep di balik menggunakan
Access untuk membuat database, lihat artikel dasar-dasar Database desain .
Jika tidak ada template yang sesuai dengan kebutuhan Anda, atau jika
Anda memiliki data dalam program lain yang ingin Anda gunakan di akses, Anda
dapat memutuskan bahwa lebih baik untuk membuat database dari awal. Pada
Access 2010, Anda memiliki pilihan: database desktop standar, atau web
database.
CATATAN Untuk
informasi lebih lanjut tentang database web, lihat artikelMembangun database untuk berbagi di Web .
Untuk membuat database baru, lakukan hal berikut:
1. Mulai Access.
2. Pada tab Baru di
Backstage, klik Blank Database atau Database Web
Blank.
PENTING Pilihan yang
Anda buat di sini akan menentukan fitur apa saja yang tersedia dalam
database. Desktop database tidak dapat dipublikasikan ke Web, dan database
web tidak mendukung beberapa fitur desktop, seperti query total.
3. Di sebelah kanan,
ketik nama untuk database Anda di kotak File Name.
Untuk mengubah lokasi di mana Anda membuat file, klik Browse di sebelah
kotak File Name, browse dan pilih lokasi baru, dan kemudian
klik OK.
4. Klik Create.
Akses menciptakan database, dan kemudian membuka meja kosong (bernama
Table1) dalam tampilan Datasheet .
5. Akses menempatkan
kursor dalam sel kosong pertama di Klik untuk Menambahkan kolom
dari tabel baru.
Untuk menambahkan data, mulai mengetik - atau Anda dapat menyisipkan
data dari sumber lain, seperti dijelaskan dalam bagian Data Paste dari sumber lain ke dalam tabel Access table ,
kemudian dalam artikel ini.
CATATAN
·
Memasukkan data dalam tampilan Datasheet dirancang untuk menjadi sangat
mirip dengan memasukkan data di Excel worksheet. Pembatasan utama adalah
bahwa data harus dimasukkan dalam baris dan kolom berdekatan, dimulai di sudut
kiri atas datasheet. Anda tidak harus mencoba untuk memformat data Anda
dengan memasukkan baris kosong atau kolom seperti yang Anda lakukan di Excel
worksheet, karena hal itu akan membuang-buang ruang di meja Anda. Tabel
ini hanya berisi data Anda. Semua presentasi visual dari data tersebut
akan dilakukan dalam bentuk dan laporan yang Anda merancang kemudian.
·
Struktur tabel dibuat saat Anda memasukkan data. Setiap kali Anda
menambahkan kolom baru ke datasheet, bidang baru didefinisikan dalam
tabel. Akses menetapkan tipe data dari lapangan berdasarkan jenis
data yang Anda masukkan. Misalnya, jika Anda memiliki kolom di mana Anda
telah dimasukkan hanya nilai tanggal, akses akan menetapkan tipe data dari
bidang tersebut untuk Tanggal / Waktu. Jika Anda kemudian mencoba untuk
memasukkan nilai non-date (seperti nama atau nomor telepon) di bidang tersebut,
akses menampilkan pesan yang memberitahukan bahwa nilai tidak cocok dengan tipe
data dari kolom. Bila mungkin, Anda harus merencanakan meja Anda sehingga
setiap kolom berisi jenis data yang sama, apakah itu teks, tanggal, angka, atau
beberapa jenis lainnya. Hal ini membuat lebih mudah untuk membangun query,
form, dan laporan yang memilih hanya data yang Anda inginkan.
Jika Anda tidak ingin memasukkan data lagi, klik Tutup .
Akses CATATAN akan
menghapus Table1 jika Anda menutupnya tanpa menyimpan.
TIP Untuk segera
membuka salah satu dari beberapa database terakhir yang Anda pernah dibuka,
pada tab File, klik terbaru, kemudian klik
nama file.
1.
Pada tab File, klik Open.
2.
Klik shortcut di kotak dialog Buka - atau, di Lihat
di kotak, klik drive atau folder yang berisi database yang Anda
inginkan.
3.
Dalam daftar folder, klik dua kali folder sampai Anda membuka folder
yang berisi database.
4.
Bila Anda menemukan database, lakukan salah satu berikut:
·
Untuk membuka database dalam mode standar terbuka, klik dua kali.
·
Untuk membuka database untuk akses bersama dalam multiuserlingkungan, sehingga baik Anda dan
pengguna lain bisa baik membaca dan menulis ke database pada saat yang sama,
klik Buka.
·
Untuk membuka database untuk akses read-only, sehingga Anda dapat
melihatnya tetapi tidak dapat mengeditnya, klik tanda panah di sebelah
tombol Buka, kemudian klik Open Read-Only.
·
Untuk membuka database untuk akses eksklusif, sehingga tidak ada orang
lain dapat membukanya saat Anda terbuka, klik tanda panah di sebelah
tombol Buka, kemudian klik Buka eksklusif.
·
Untuk membuka database untuk akses read-only, klik tanda panah di
sebelah tombol Buka, kemudian klik Open Eksklusif
Read-OnlyPengguna lain yang masih bisa membuka database, tetapi mereka
hanya memiliki akses read-only.
Jika Anda tidak dapat menemukan database yang ingin Anda buka
1.
Pada kotak dialog Open, klik shortcut My
Computer - atau, di Lihat di kotak, klik My
Computer.
2.
Dalam daftar drive, klik kanan drive yang Anda pikir mungkin berisi
database, dan kemudian klik Cari.
3.
Masukkan kriteria pencarian, lalu tekan ENTER untuk mencari database.
4.
Jika database ditemukan, membukanya dengan mengklik dua kali di kotakSearch
Results dialog.
CATATAN Karena
pencarian dimulai dari kotak dialog Buka, Anda harus mengklikCancel pada
kotak dialog tersebut sebelum database akan terbuka.
Anda dapat langsung membuka file data dalam format file eksternal
(seperti dBASE, Paradox, Microsoft Exchange, atau Excel). Anda juga dapat
langsung membuka sumber data ODBC , seperti Microsoft SQL
Server atau Microsoft FoxPro. Akses secara otomatis membuat database
Access baru dalam folder yang sama seperti file data, dan menambahkan link ke
setiap tabel dalam database eksternal.
Tergantung pada template yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu melakukan
satu atau lebih hal berikut untuk memulai dengan database baru:
·
Jika Access menampilkan kotak dialog Login dengan
daftar kosong pengguna, gunakan prosedur berikut untuk memulai:
1. Klik New
User.
2. Isi formulir Pengguna
Rincian.
3. Klik Simpan
& Tutup.
4. Pilih nama pengguna
baru saja Anda masukkan, dan kemudian klik Login.
·
Jika Akses menampilkan lembar kosong, Anda dapat mulai mengetik data
yang langsung ke datasheet tersebut, atau klik tombol lain dan tab untuk
mengeksplorasi database.
·
Jika Akses menampilkan halaman Persiapan, Anda dapat
mengklik link pada halaman tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang
database, atau klik tombol lain dan tab untuk mengeksplorasi database.
·
Jika Akses menampilkan pesan peringatan keamanan di bar
pesan, dan Anda mempercayai sumber dari template, klik Aktifkan Konten.Jika
database membutuhkan login, Anda perlu login lagi.
0 komentar:
Posting Komentar