MICROSOFT
EXCEL
A.
Pengenalan Micosoft Excel 2010
Microsoft
Excel adalah suatu sistem aplikasi yang berfungsi untuk memanipulasi
danmelakukan perhitungan data, seperti : perhitungan gaji, perhitungan
penjualan, dll. Untuk tugas yang lebih kecil orang akan beralih ke
menggunakan Excel karena fleksibel danmenawarkan kemampuan untuk mengatur,
mensinkronisasi dan mengubah tugas-tugasproyek sesuai dengan kebutuhan
seseorang. Ada dua versi MS Excel 2010 tersedia.Untuk tugas yang lebih kecil
orang akan beralih ke menggunakan Excel karena fleksibel dan menawarkan
kemampuan untuk mengatur, mensinkronisasi dan mengubah tugas-tugas proyek
sesuai dengan kebutuhan seseorang.
Ada
dua versi MS Excel 2010 tersedia.Versi ini memungkinkan untuk menganalisis,
berbagi, dan menciptakan informasidengan cara yang jauh lebih baik. Data baru
analisis dan alat visualisasi membantu untuk melihat dan menyoroti tren
data penting.Oleh karena itu, untuk meng-upgrade ke versi yang lebih baik dari
MS Excel 2010adalah permintaan hari dan kita harus melihat ke depan untuk
melakukan hal yang sama.
iYogi
Tahunan Program Langganan Unlimited iYogi adalah penyedia paling cepat
berkembang dukungan online dan terpencil teknologidalam direct-to-konsumen dan
sektor usaha kecil. ahli yang sangat terampil danberpengalaman kami teknologi
yang tersedia, 24 × 7x365 akan memberikan penyelesaianmasalah yang terbaik dan
kepuasan pelanggan.Kita menang dan harga rendah Berlangganan Tahunan mencakup
layanan berikutpenghargaan:* Komprehensif dukungan teknis untuk Excel 2010
Upgrade* Diagnosis & perbaikan masalah hardware anda* Mengatasi masalah
perangkat lunak kesalahan* Update driver dan keamanan untuk melindungi terhadap
ancaman online* Hubungkan ke Internet, perangkat dan periferal* Mengoptimalkan
kecepatan komputer Anda dan kinerja
B.
Pengertian Microsoft excel 2010
Microsoft
Excel 2010 merupakan salah satu produk dari Microsoft untuk membuataplikasi
Spreadsheet. Aplikasi Microsoft Excel sudah sangat dikenal oleh
masyarakat.Dalam pembuatan aplikasi spreadsheet, Microsoft Excel 2010 terkenal
dengankemudahan dan keandalannya. Berbagai fasilitas disediakan untuk
melakukanpengembangan aplikasi. Salah satu fasilitas penting yang dimiliki oleh
Microsoft Exceladalah VBA (Visual Basic for Application).
Melalui
buku ini dibahas tentangpenggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel
2010. Pembahasanselengkapnya dimulai dengan pengenalan Microsoft Excel 2010,
pembuatan Macro,variabel, tipe data, konstanta, array, percabangan, perulangan,
prosedur sub, fungsi,antarmuka pengguna, objek model Excel, bekerja dengan
data, tabel pivot, dan grafik.Semua pembahasan dilakukan dengan sederhana dan
mudah dipahami oleh parapembaca. Selain itu disertakan contoh pembuatan
aplikasi sehingga memudahkanpembaca dalam proses belajar. Semoga buku ini dapat
menambah wawasan pembacadalam penggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft
Excel 2010.
Microsoft
Office 2010 (juga disebut Office 2010 dan Office 14) adalah sebuah paketproduktivitas
untuk Microsoft Windows, dan penggantinya untuk Microsoft Office2007. Office
2010 termasuk dukungan format file diperpanjang, update userinterface, dan
pengalaman pengguna yang diubah.Sebuah versi 64-bit Office2010 tersedia,
walaupun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003. Pada tanggal 15 April
2010, Office 2010 dirilis ke manufaktur. Suite ini menjaditersedia untuk
pembelian eceran dan online pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 menandai
debut versi online gratis Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote,yang bekerja di
web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome danSafari,
tetapi tidak di Opera). Pemula Office 2010, edisi baru Kantor,
menggantikanrumah low-end perangkat lunak produktivitas, Microsoft Works.update
Microsoft untuk suite produktivitas mobile-nya, Office Mobile 2010, juga
akandirilis untuk Windows Telepon menjalankan Windows Mobile 6.5 dan
WindowsTelepon 7.
Pada
Office 2010, setiap aplikasi memiliki fitur pita, termasuk Outlook,OneNote,
Publisher, InfoPath, SharePoint Workspace (sebelumnya dikenal sebagaiGroove),
dan Kantor baru Web Apps.IsiSejarah dan pengembanganPembangunan dimulai pada
tahun 2007 sementara Microsoft sedang menyelesaikanpekerjaan pada Office 12,
dirilis sebagai Microsoft Office 2007. Nomor versi 13 itudiabaikan karena
keengganan untuk angka 13. Ini diperkirakan sebelumnya bahwaOffice 2010
(kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertamatahun 2009.
Pada
tanggal 10 Januari 2009, screenshot dari alpha Office 2010 membangun
telahdibocorkan oleh penguji.Pada tanggal 15 April 2009, Microsoft
mengkonfirmasi bahwa Office 2010 akan dirilispada semester pertama tahun 2010.
Mereka mengumumkan pada tanggal 12 Mei 2009,pada acara Ed Tech, sebuah versi
percobaan edisi 64-bit. Pratinjau Teknis 1(Versi: 14.0.4006.1010) bocor pada
tanggal 15 Mei 2009. Posting beta-internal membangun dibocorkan pada tanggal 12
Juli 2009. Ini lebih barudaripada pratinjau resmi membangun dan termasuk sebuah
"Kapur" aplikasi pengujianinternal.
Pada
tanggal 13 Juli mengumumkan Microsoft Office 2010 pada perusahaan Worldwide
Partner Conference 2009. Pada tanggal 14 Juli 2009, Microsoft mulai mengirim
undangan pada Microsoft Connectuntuk menguji pratinjau resmi membangun Office
2010. Pada tanggal 30 Agustus2009, beta build 4417 bocor di internet melalui
torrents. Beta publik yang telah tersedia untuk pelanggan TechNet, MSDN dan
Microsoft. Hubungkan pengguna pada November 16, 2009. Pada tanggal 18 Nopember
2009,beta resmi diluncurkan kepada masyarakat umum di website Microsoft Office
Beta,yang awalnya diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 11 November 2009
untuk menyediakan screenshot dari office suite baru. Office 2010 Beta
adalah versi, gratis berfungsi penuh dan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2010.
Dalam upaya untuk membantu pelanggan dan mitra dengan penyebaran Office
2010,Microsoft meluncurkan Office 2010 program aplikasi kompatibilitas dengan
alat danbimbingan yang tersedia untuk di-download.
Pada
tanggal 5 Februari 2010,kandidat rilis resmi membangun 4734,1000 yang tersedia
untuk Connect dan MSDNpenguji. Hal itu bocor ke situs torrent Beberapa hari
setelah itu, Escrow RTMmembangun bocor..Microsoft mengumumkan RTM pada tanggal
15 April 2010 dan bahwa versi terakhiradalah untuk memiliki teknologi pidato
untuk digunakan dengan text to speech padaMicrosoft OneNote, Microsoft
PowerPoint, Microsoft Outlook, dan Microsoft Word.Office 2010 akan awalnya
dirilis untuk pelanggan bisnis pada tanggal 12 Mei 2010. Bisnis dengan Software
Assurance pelanggan bisa mendapatkannya sejak April 27Januari 2010 dan
Pelanggan Volume Licensing lainnya mampu mendapatkannya sejak 1Mei. MSDN dan
TechNet pelanggan telah dapat men-download versi RTM sejak April 22
Desember 2010. Nomor versi RTM adalah 14.0.4760.1000.Pada tanggal 15 Juni 2010,
Office 2010 diluncurkan ke pelanggan ritel
C.
Manfaat dari Microsoft Excel 2010
Perubahan
adalah satu-satunya hal yang konstan. Dengan kemajuan teknologi hari demihari,
masing-masing dan setiap teknologi yang kita gunakan kebutuhan
mengupgreade.Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak utama yang
membentuk tulangpunggung kantor pemeliharaan data. Dengan Microsoft Excel 2010
baru tersedia satuharus melihat manfaat dan utilitas yang diperlukan oleh
individu tertentu.Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke Microsoft Excel 2010
dan isu-isu yang dapatmuncul di upgrade, dibahas di sini:* Kebutuhan dan
manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010* Masalah yang dapat muncul di upgrade
atau pasca upgrade* MS Excel 2010Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel
2010Dua versi MS EXCEL tersedia adalah Standar dan Profesional.
Sebagian
besar manajer proyek atau orang dengan persyaratan pekerjaan yang sama dapat
menggunakan versi profesional yang dicapai dengan fitur-fitur inovatif dan
berguna baru.Tool bar baru pita adalah fitur yang paling menarik. Versi terbaru
juga termasuk built-intool screen capture, mode di mana dokumen Anda dapat
dilindungi, seni baru template,sebuah belakang panggung melihat dengan semua
aplikasi, alat removal latar belakang,gaya huruf, opsi pengeditan baru untuk
teks dan gambar , fungsi kolaborasi hidup,animasi tambahan di PowerPoint.Panel
navigasi yang baru tidak diragukan lagi perubahan yang paling mencolok
yangterjadi ke Excel.
Hal
ini mencakup fitur-fitur sebagai peta dokumen, thumbnail, tampilanoutline dan
menemukan dialog semua dalam satu pane. Ini panel navigasi akanmenampilkan
semua judul dalam dokumen untuk melihat lebih cepat. Hal ini dengan grafik
pivot lebih baik, format kondisional, dan baru visualisasi data melalui
Sparklinesdan slicers. Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca
upgradeMeskipun ada banyak keuntungan dari versi ini, ada banyak kelemahan
juga.
Ada
banyak masalah dimana user bisa hadapi selama mengupgreade dan setelah
itu. Hal ini seringterjadi bahwa Excel menunjukkan kesalahan pada membuka file,
terutama file tidak membuka melalui Internet Explorer, sementara file yang
korup dan tidak kompatibel dengan versi yang lebih tua lainnya MS Office, jika
MS Office 2010 adalah dihapus.Sistem operasi selain dari Apple Mac, Windows 7,
Windows Vista, Windows XP akan menghadapi masalah.
Sistem
ini membutuhkan pembaca XPS atau Adobe Acrobat reader untuk melihatdokumen. Hal
ini memiliki 500 MHz atau prosesor yang lebih cepat, 2 GB ruang
disk minimum. Versi upgrade memiliki fitur multi-touch, yang memerlukan
sentuhanperangkat berkemampuan pengenalan pembicaraan fungsi, yang membutuhkan
mikrofonbicara dekat dan perangkat output audio, fungsi perangkat lunak dan grafisdapamemerlukan
hardware tambahan atau upgrade.
Menjelaskan Fungsi Menu dan Ikon
Pada Program Microsoft Excel
Program
pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar
atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools,
Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang
masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara
lain:
A.
MENU
FILE
1.
New :Perintah
untuk membuat lembar kerja baru
2.
Open :Perintah
untuk membuka dokumen
3.
Close :Perintah
untuk menutup jendela workbook
5.
Save As :Perintah
untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6.
Save As Web Page :Perintah
untuk menyimpan kedalam halaman web
7.
Save Workspace :Perintah
untuk menyimpan sebagai file workspace
8.
File Search :Perintah
untuk mencari file workbook
9.
Permission
:Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data
tersebut
10.
Web Page Preview :Perintah
untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11.
Page Setup :Perintah
untuk mengatur setting halaman
12.
Print Area :Perintah
untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13.
Print Preview :Perintah
untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
15.
Send To :Perintah
untuk mengirimkan file
16.
Properties :Perintah
untuk Membuat ringkasan file yang aktif
B.
MENU
EDIT
1.
Undo :Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2.
Redo :Perintah untuk membatalkan perintah Undo
4.
Copy :Perintah untuk membuat duplikat naskah
5.
Office Clipboard :Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6.
Paste :Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7.
Paste Spesial :Perintah untuk membantu perintah Copy dan
Cut
8.
Paste as Hyperlink :Perintah untuk membantu perintah Copy dan
Cut dengan Hyperlink
10.
Clear :Perintah untuk menghapus data
11.
Delete :Perintah untuk menghapus dan memindahkan
data
12.
Delete Sheet :Perintah untuk menghapus sheet
13.
Move or Copy Sheet:Perintah untuk memindahkan dan menyalin
sheet pada lembar kerja
14.
Find :Perintah untuk mencari data
15.
Replace :Perintah untuk mengganti data
16.
Go To :Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke
sel yang lain
C.
MENU
VIEW
2.
Page Break Preview :Perintah
untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
4.
Toolbars :Perintah untuk menampilkan toolbar
5.
Formula Bar :Perintah untuk memunculkan baris rumus
6.
Status Bar :Perintah untuk memunculkan status bar
7.
Header and Footer :Perintah
untuk membuat header dan footer
8. Comments :Perintah untuk memunculkan toolbar comment
dan reviewing lembar kerja
9.
Custom Views :Perintah untuk menyimpan area cetak pada
workbook
10.
Full Screen :Perintah untuk menampilkan layar secara
penuh
11.
Zoom :Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
2.
Rows :Perintah untuk menambah beris sel
5.
Chart :Perintah untuk membuat grafik
7.
Page Break :Perintah untuk membuat halaman yang
terpotong
8.
Function :Perintah untuk memasukkan rumus fungsi
logika
9.
Name :Perintah untuk memberi nama range data
10.
Comment :Perintah untuk memberi catatan pada lembar
kerja
12.
Diagram :Perintah untuk membuat diagram
13.
Object :Perintah untuk memasukkan gambar
14.
Hyperlink :Perintah untuk menghubungkan berkas dengan
file
E.
MENU
FORMAT
1.
Cell :Perintah untuk membuat format sel
2.
Row :Perintah untuk mengatur tinggi baris
4.
Sheet :Perintah untuk memformat sheet
5.
Auto Format :Perintah untuk membuat format table
6.
Conditional Formating :Perintah untuk memformat nilai data
sel
7.
Style :Perintah untuk mengubah data pada lembar
kerja
F.
MENU
TOOLS
1.
Spelling :Perintah
untuk memeriksa data
2.
Research :Perintah
untuk mencari file
4.
Track Changes :Perintah
untuk melihat pengubahan oleh orang lain
5.
Compare and Merge Workbooks :Perintah
untuk menggabungkan beberapa workbook
6.
Protection :Perintah
untuk mengamankan data
7.
Online Colaboration :Perintah
untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
8.
Goal Seek :Perintah
untuk mengubah nilai rumus
10.
Formula Auditing :Perintah
untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel
dan meletakkan data ke rumus
11.
Makro :Perintah
untuk menjalankan program makro
12.
Add-Ins :Perintah
untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
13.
Auto Correct Option :Perintah
untuk menampilkan perintah auto corret
14.
Custommize :Perintah
untuk mengatur toolbars
15.
Options :Perintah
untuk membuka menu dan tabulasi
G.
MENU
DATA
1.
Short :Perintah untuk mengurutksn data
2.
Filter :Perintah untuk memfilter data
4.
Subtotal :Perintah untuk menghitung sub total
5.
Validation :Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
6.
Table :Perintah untuk membuat table
7.
Text to Columns :Perintah untuk membuat naskah text menjadi
berkolom
8.
Consolidate :Perintah untuk mengkonsolidasi data
9.
Group and Outline :Perintah untuk menggabungkan data
10.
Pivot Tabel and Pivot Chart Report :Perintah untuk membuat table dan grafik
pivot
11.
Import External Data :Perintah untuk mengimpor data luar
12.
Refresh Data :Perintah untuk menyegarkan kembali data dari
luar
H.
MENU
WINDOW
1.
New Window :Perintah
untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
2.
Arrange :Perintah
untuk mengatur jendela
4.
Split :Perintah
untuk membagi lembar kerja
5.
Freeze Panes :Perintah
untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
I.
MENU
HELP
2.
Show the Office Assistant :Perintah
untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
5.
Check for Updates :Perintah
untuk mengupdate
7. About Microsoft Office Excel :Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel
0 komentar:
Posting Komentar